Apa Enaknya Jadi Wibu? Punya Nilai Positif Atau Negatif.


Halo Bujank, lama gak buat postingan yang membahas seputar dunia perwibuan. Jadi singkat cerita selama Admin berfikir, jadi wibu itu punya untung atau kerugian yah..? mari kita kembali ingat apapun itu pasti punya nilai positif (untung) dan negatif (rugi), Kita permudah aja seperti itu jadi kalian gak bakal pusing mikirin soal wibu aja. Intingnya jadi Wibu itu punya nilai Positif dan Negatif.
Sebelum kita lanjut apa itu Wibu..? menurut pengertian umum.

 " Wibu adalah sebuah kata yang menggambarkan orang yang sangat mencintai budaya Jepang san sampai-sampai sangat mencintai orang Jepang dan menganggap budayanya sangat indah. "

Namun dari sudut pandang anime lovers atau fans anime atau mereka yang menyukai anime mengatakan Wibu adalah orang yg menonton anime, suka anime, banyak bahas anime, sering melakukan pembahasan anime, bahkan tergabung di grup grup yang membahas anime mereka uda di anggap wibu. Namun Reliatanya tidak seperti itu ada yg menyukai tapi tidak terlalu (suka suka aja, terkadang suka).

Nah sekarang kalian bisa lihat sendiri kata Wibu uda disalah artikan dengan pengertian umum Wibu itu sendiri, jadi untuk mereka yg suka anime mesti di beri julukan apa..? anime lovers..? contoh, " Woi lihat itu mereka para anime lovers " kata-katanya cukup keren juga, namun isi nya seperti yg kalian lihat sendiri kebanyak mereka yg menyukai anime itu orangnya Nolep (menjalani kehidupan dengan rasa malas yg tinggi atau lebih memilih hidup sendiri dan gak suka interaksi sosial dengan orang diluar sana) kira-kira orang orang seperti ini logis gak di beri julukan yg keren.? anak SD juga tau julukan tersebut tidak cocok, Maka dari itu kata Wibu tadi di pakai, karena jika kalian katakan dengan berkali-kali kata Wibu sendiri emang terdengar gak keren bahkan seperti pantaslah.

Sekarang pendapat dan pengalaman Admin sendiri setelah banyak bertanya kepada orang-orang yg uda gua anggap dewasa, punya pekerjaan dan bahasanya sopan. Mereka mengakui mereka juga seorang Wibu dan terkadang mereka ngeluh juga dengan tindakan yang sering melibatkan wibu lainnya, sebagai contoh memberikan komentar negatif untuk anime gratis yg uda di tonton secara tidak resmi, menghina orang lain, merasa paling pinter, T0xic (Ciri Gamer Kasar) dan merasa sok jago di media sosial. Kebanyakan hal ini emang merangah ke Wibu yg masih berumur dibawah 15 tahun, bahkan ada juga uda 17 tahun masih bersifat kayak anak kecil aja. Kalau gak ribut intinnya gak Seru, mungkin itu yg membuat wibu tertarik untuk melakukan apapun yg mereka anggap seru (gak peduli benar atau salah). Jadi apa kalian merasakan hal yang sama..?

Dan sekarang Apa enaknya jadi Wibu..? okey pertanyaan ini sebenarnya bisa kalian jawab sendiri sebagai seorang Wibu dan kalian sendiri yg tau apa enaknya. Sekarang Admin akan sedikit bercerita enaknya jadi Wibu.


  1. Punya banyak teman di media sosial, gak perlu akrab setidaknya kita berteman secara online, tanpa bertemu, setidaknya saya tau kita punya hobi yang sama.
  2. Bisa berkreasi dengan banyak hal seputar anime, entah itu editing, sharing, dan membuat sesuatu yg di sukai wibu lainnya
  3. Menghabiskan waktu kosong dengan Nonton anime lebih baik dari pada jalan-jalan ngabisin bensin atau nongkrong gak jelas bareng teman-teman yg suka hal-hal negatif (nger0kok)
  4. Belajar memahami arti dari sebuah jalan cerita anime, gak salah jika kita juga belajar dari kehidupan yang ada di anime, banyak pelajaran kehidupan yg bisa di dapat juga dari sana, contoh aja anime yg mengajarkan mu untuk apa arti sebuah kehidupan dan penyesalan yg pernah kalian lakukan " Death Parade ".
  5. Gak perlu banyak biaya, kan kerjanya cuma di rumah aja, makan, tidur dan berkomunikasi secara online, dan bekerja sesuai hobi yang saya jalani, seperti contoh blog ini sendiri.
  6. Dan saya sendiri merasa jauh lebih aman, dulu saya sendiri seling keluar rumah, naik motor, keliling sana sini dan beberapa kali hampir kecelakaan, namun sekarang karena jarang keluar rumah hasilnya saya jauh merasa aman.
  7. Merasa gak malu meskipun dikatain Wibu, bahkan saya sendiri mengakui di depan teman-teman yg bertanya, karena ini bukan sesuai yg memalukan terus apa yg membuat saya malu, justru lebih malu rasanya jika ada yg mencoba malu-maluin dirinya sendiri, berkata kasar, berlebihan bahas anime di luar, berpakaian berlebihan.
Jadi Wibu punya pengalaman gak enak gak..? hm ini yang mungkin sering kalian temukan juga di dunia Wibu, dimana grup, sosial media dan aplikasi seperti diskord di jadikan sebagai tempat untuk berkumpul dan sharing tentang anime dan gak jarang banyak di temui orang-orang yg dengan sengaja melakukan penghinaan terhadap orang lain, entah melalui komentar, membahas anime atau bahkan memberikan komentar negatif secara berlebihan terhadap sebuah anime, karena emang tujuan postingan yg di buat itu bertujuan agar dapat dapat banyak tanggapan di dalam komentar itulah kalian bisa menilai sendiri seperti apa seorang wibu, lihat aja caranya memberikan komentar disitu uda kelihatan sifat aslinya dan tak heran mereka dengan bebas berkata-kata, karena mengetik kata-kata sendiri gak ada yg bisa hentikan, suka-suka hati mereka mau berkata apapun. Itu terjadi di hampir seluruh grup anime dan bisa kalian lihat sendiri. 

Bagaimana dengan grup Diskord..? pada posisi ini Admin pernah bergabung di salah satu grup Diskord yang bisa dibilang uda punya member lebih dari 50 Ribu, jumlah yg cukup banyak dan melihat banyak sekali grup voice di dalam sana, karena banyak member disana akhirnya Admin coba masuk, hasilnya luar biasa sekali, semua berkata seenak hatinya gak perlu takut bicara sama siapapun, semua kata kebun binatang keluar dari grup voice itu, dan binggung sendiri mereka bahas apa dan setiap kata yg dikeluarin pasti ada kata-kata binatang, meresa pusing yah Saya keluar aja. 

Dalam memberikan komentar di grup grup suka-suka hati mereka, bahkan berkata-kata juga suka hati mereka yah karena gak ada yg batasin, kalaupun ketahuan palingan gak di urus juga, bagaimana mengurus jumlah orang yg banyak tersebut.?

Intinya menjadi seorang wibu itu lebih enak di jalanin sendiri-sendiri gak perlu banyak berkumpul-kumpul di media sosial, cukup hadir dan memberikan respon yg positif aja sudah cukup mencerminkan diri kalian sendiri, Admin sendiri heran apa karena mereka banyak yg masih kecil atau emang dari sananya kurang ajar..? jika ia berarti mereka salah didik di sekolahnya. Jadi buat kalian yg merasa wibu sebaiknya mulai jaga ucapan aja, karena orang lain bisa nilai dari ucapan aja. Dalam Artikel ini Admin lebih banyak membahas pengalaman aja dan tidak bermaksud menghina kalian, mungkin kalian ada yg tersinggung jadi perbaiki itu.

5 comments

  1. Mungkin bukan cuma salah di didik tapi juga salah pergaulan, bergaul kok sama kebun binatang 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. benar banget dah, makanya gua milih milih grup diskord juga..

      Delete
  2. Bang gw jadi wibu kok ngerasa idup gw ancur bgt ya. Prestasi nurun, gw jadi tempramental (emosi gak jelas) :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. pengaruh tontonan juga bro, jika kebanyak nonton anime NTR bakal sakit hati mulu, coba ubah pola tontonanya, kayak anime yg buat fun aja.

      Delete
  3. paraf 3 bagian akhir

    karena jika kalian katakan dengan berkali-kali kata Wibu sendiri emang terdengar gak keren bahkan seperti *pantaslah*

    ga maksud

    ReplyDelete

Post a Comment